Tuesday, November 19, 2019
Home > Pemkab Lombok Utara > SEBAGAI KAWASAN STRATEGIS NASIONAL, DESA GILI INDAH AKAN DIMEKARKAN JADI KECAMATAN

SEBAGAI KAWASAN STRATEGIS NASIONAL, DESA GILI INDAH AKAN DIMEKARKAN JADI KECAMATAN

Gambar mungkin berisi: 1 orang, duduk dan dalam ruanganDiskominfo KLU, Tanjung – Wacana untuk memekarkan Desa Gili Indah menjadi sebuah Kecamatan baru di Kabupaten Lombok Utara Mendapat perhatian serius dari Pemerintah Daerah saat ini, beberapa kali rapat persiapan telah dilaksanakan mulai dari tingkat Desa hingga Kabupaten dengan melibatkan seluruh stakeholder terkait.

Kabag Pemerintahan Setda KLU H. Rubain, M.Si mengungkapkan bahwa alasan mendasar yang mendorong munculnya ide pemekaran wilayah tersebut adalah karena Desa Gili Indah telah berstatus sebagai kawasan strategis nasional, sebagaimana diketahui bersama bahwa penyumbang PAD terbesar Kabupaten Lombok Utara bersumber dari sektor pariwisata di tiga Gili yang kini masih dalam cakupan wilayah Kecamatan Pemenang.

Selain itu, alasan lainnya adalah untuk memberikan pelayanan yang lebih efektif dan maksimal kepada masyarakat di tiga Gili. Sebagai kawasan strategis nasional, H. Rubain mengharapkan peran pemerintah itu ada.

“Gili ini satu daerah yang terpisah dari daratan, menyebabkan layanan di Gili ini menjadi sedikit terhambat, artinya masyarakat kita dalam mengakses layanan itu memerlukan biaya yang lebih besar bahkan cukup besar dibandingkan dengan temen-temen kita di wilayah daratan” jelasnya.

Berdasarkan persyaratan dasar dan teknis, Desa Gili Indah telah memenuhi syarat untuk di mekarkan menjadi sebuah kecamatan baru, namun sejauh ini yang menjadi persoalan adalah persyaratan administratif, dimana syarat pemekaran wilayah menjadi sebuah kecamatan harus memiliki 10 Desa begitu juga dengan Desa induk yang akan ditinggal. Di Kecamatan Pemenang sendiri, sampai dengan saat ini, hanya memiliki 4 Desa dan 1 Desa Persiapan.

Sementara itu, melihat peluang yang di dasarkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2018 tentang Kecamatan, Asisten I Setda KLU Kawit Sasmita, SH mengimbau kepada seluruh stakeholder terkait untuk bekerja lebih cepat. Dari hasil rapat terakhir yang dilaksanakan di Aula Kantor Satpol PP KLU Kamis, (22/08) lalu, telah terbentuk Tim Pemekaran Tingkat Kabupaten, yang selanjutnya nanti akan di tetapkan dalam sebuah Keputusan Bupati dalam waktu dekat.

Dari Tim Pemekaran yang sudah terbentuk tersebut, selanjutnya nanti akan bersama-sama untuk melakukan sosialisasi mulai dari tingkat desa hingga ke dusun sebagai bentuk tindak lanjut dari hasil rapat yang telah disepakati bersama, sehingga masyarakat nantinya dapat bersinergi dengan pemerintah daerah dalam mendukung percepatan pemekaran wilayah Desa Gili Indah menjadi sebuah Kecamatan baru demi tercapainya harapan bersama untuk menuju pelayanan publik yang lebih optimal.

(Yoan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *